ABSTRAK
Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan di Lembaga Penyiaran
Publik Radio Republik Indonesia Surakarta. Skripsi. Jurusan Ilmu
Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.Universitas
Sebelas Maret Surakarta. 92 Halaman.
Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan dan latihan di Lembaga Penyiaran
Publik Radio Republik Indonesia Surakarta yang berdasarkan dengan
Undang-undang No 43 Tahun 1999 tentang pokok-pokok Kepegawaian.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Cara pengumpulan
datanyaadalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas
data menggunakan teknik trianggulasi data, sedangkan teknik analisa data
menggunakan model analisis interaktif. Dasar pelaksanaan pendidikan dan
latihan yaitu Undang-Undang No.43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok
Kepegawaian meliputi 10 tahapan, yaitu analisis kebutuhan, penetapan
sasaran dan tujuan, penetapan peserta, penetapan jenis dan jenjang
diklat, penetapan agenda pembelajaran, penyiapan widyaiswara dan sarana
dan prasarana, pembiayaan diklat, penyelenggaraan, evaluasi dan
pelaporan. Analisis kebutuhan diklat sudah sesuai dengan kekurangan
kompetensi dalam tugas eshari-hari. Penetapan peserta diklat ditunjuk
langsung oleh Kepala Sub Bagian yang nanti akan mendapatkan persetujuan
oleh Kepala Radio Republik Indonesia Surakarta. Penetapan tujuan dan
sasaran harus mengarah pada perubahan tingkah laku. Jenis dan jenjang
diklat yang dilaksanakan yaitu Diklat Kepemimpinan dan Diklat Teknis.
Penetapan agenda pembelajaran memuat struktur kurikulum yaitu ringkasan
materi, tujuan umum, dan khusus, pokok bahasan, waktu dan metode.
Penyiapan widyaiswara serta sarana dan prasarana bagus karena ada
widyaiswara dari dalam dan luar, sedangkan sarana dan prasarana sudah
bagus karena berAC, penginapan, uang saku, transportasi, alat peraga,
proyektor, modul, kursi, dan meja. Pembiayaan pelaksanaan diklat pusat
berasal dari anggaran belanja rutin dan anggaran belanja pembangunan
tetapi untuk penyelenggaraan diklat di Radio Republik Indonesia
Surakarta anggaran harus dilihat terlebih dahulu untuk pelaksanaan
diklat.
Penyelenggaraan pendidikan dan latihan dapat dilaksanakan
secara klasikal dan non klasikal. Evaluasi diperlukan untuk mengetahui
seberapa jauh tujuan dicapai sedangkan Pelaporan merupakan media untuk
informasi tentang perkembangan pelaksanaan dan tingkat capaian kinerja
disertai analisis keberhasilan yang dicapai atau kelemahan yang masih
dihadapi. Saran yang ditujukan untuk Lembaga Penyiaran Publik Radio
Republik Indonesia lebih mempertimbangkan lagi untuk waktu pemberian
teori dan praktek agar para peserta dalam mendapatkan teori dan praktek
seimbang sehingga peserta diklat merasa puas telah mengikuti diklat yang
diselenggarakan serta ada dana untuk pelaksanaan diklat di Radio
RepublikIndonesia Surakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar