Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Selasa, 24 April 2012

Pelaksanaan Pendidikan Dan Latihan Di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Surakarta

ABSTRAK

Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Surakarta. Skripsi. Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.Universitas Sebelas Maret Surakarta. 92 Halaman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan dan latihan di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Surakarta yang berdasarkan dengan Undang-undang No 43 Tahun 1999 tentang pokok-pokok Kepegawaian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Cara pengumpulan datanyaadalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data, sedangkan teknik analisa data menggunakan model analisis interaktif. Dasar pelaksanaan pendidikan dan latihan yaitu Undang-Undang No.43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian meliputi 10 tahapan, yaitu analisis kebutuhan, penetapan sasaran dan tujuan, penetapan peserta, penetapan jenis dan jenjang diklat, penetapan agenda pembelajaran, penyiapan widyaiswara dan sarana dan prasarana, pembiayaan diklat, penyelenggaraan, evaluasi dan pelaporan. Analisis kebutuhan diklat sudah sesuai dengan kekurangan kompetensi dalam tugas eshari-hari. Penetapan peserta diklat ditunjuk langsung oleh Kepala Sub Bagian yang nanti akan mendapatkan persetujuan oleh Kepala Radio Republik Indonesia Surakarta. Penetapan tujuan dan sasaran harus mengarah pada perubahan tingkah laku. Jenis dan jenjang diklat yang dilaksanakan yaitu Diklat Kepemimpinan dan Diklat Teknis. Penetapan agenda pembelajaran memuat struktur kurikulum yaitu ringkasan materi, tujuan umum, dan khusus, pokok bahasan, waktu dan metode. Penyiapan widyaiswara serta sarana dan prasarana bagus karena ada widyaiswara dari dalam dan luar, sedangkan sarana dan prasarana sudah bagus karena berAC, penginapan, uang saku, transportasi, alat peraga, proyektor, modul, kursi, dan meja. Pembiayaan pelaksanaan diklat pusat berasal dari anggaran belanja rutin dan anggaran belanja pembangunan tetapi untuk penyelenggaraan diklat di Radio Republik Indonesia Surakarta anggaran harus dilihat terlebih dahulu untuk pelaksanaan diklat.
Penyelenggaraan pendidikan dan latihan dapat dilaksanakan secara klasikal dan non klasikal. Evaluasi diperlukan untuk mengetahui seberapa jauh tujuan dicapai sedangkan Pelaporan merupakan media untuk informasi tentang perkembangan pelaksanaan dan tingkat capaian kinerja disertai analisis keberhasilan yang dicapai atau kelemahan yang masih dihadapi. Saran yang ditujukan untuk Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia lebih mempertimbangkan lagi untuk waktu pemberian teori dan praktek agar para peserta dalam mendapatkan teori dan praktek seimbang sehingga peserta diklat merasa puas telah mengikuti diklat yang diselenggarakan serta ada dana untuk pelaksanaan diklat di Radio RepublikIndonesia Surakarta.

File Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar