Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Rabu, 25 April 2012

Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Antenatal Care di RSU Dr. Pirngadi Medan

ABSTRAK

Kepuasan pasien merupakan salah satu hal sangat penting dalam meninjau mutu pelayanan kesehatan khususnya pelayanan antenatal care suatu rumah sakit, keadaan ini terbukti dari data yang disajikan yaitu banyaknya keluhan pasien dan masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan, bila kwalitas pelayanan kesehatan tidak senantiasa dipelihara dan ditingkatkan besar kemungkinan jumlah pasien akan menyusut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal care di RSU Dr. Pirngadi Medan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain deskriptif yaitu untuk mengidentifikasi kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal care di RSU Dr. Pirngadi Medan dengan jumlah sampel 79 orang, pengambilan sampel melalui teknik convenience sampling yang berlangsung dari 16 Februari sampai dengan 17 Maret 2010 dan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sembilan belas orang pasien (24%) menyatakan sangat puas, 55 orang pasien (70%) menyatakan sangat puas dan lima orang pasien (6%) menyatakan tidak puas terhadap pelayanan antenatal care yang diberikan petugas RSU Dr. Pirngadi Medan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa mayoritas pasien menyatakan puas terhadap pelayanan antenatal care di RSU Dr. Pirngadi Medan, dan hanya lima orang pasien (6%) yang menyatakan tidak puas khususnya terhadap pelayanan dalam pemberian tablet zat besi dan pengarahan untuk melakukan tes penyakit menular seksual, maka dari itu petugas harus lebih meningkatkan kemampuan dan tanggung jawabnya dalam hal tersebut agar dapat mewujudkan rasa puas pasien terhadap pelayanan yang telah diberikan. 

File Selengkapnya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar