ABSTRAK
Kepuasan pasien merupakan salah satu hal sangat penting dalam
meninjau mutu pelayanan kesehatan khususnya pelayanan antenatal care
suatu rumah sakit, keadaan ini terbukti dari data yang disajikan yaitu
banyaknya keluhan pasien dan masyarakat terhadap mutu pelayanan
kesehatan, bila kwalitas pelayanan kesehatan tidak senantiasa dipelihara
dan ditingkatkan besar kemungkinan jumlah pasien akan menyusut. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kepuasan pasien terhadap
pelayanan antenatal care di RSU Dr. Pirngadi Medan. Desain yang
digunakan dalam penelitian ini adalah desain deskriptif yaitu untuk
mengidentifikasi kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal care di
RSU Dr. Pirngadi Medan dengan jumlah sampel 79 orang, pengambilan sampel
melalui teknik convenience sampling yang berlangsung dari 16 Februari
sampai dengan 17 Maret 2010 dan dengan menggunakan kuesioner sebagai
instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sembilan belas orang
pasien (24%) menyatakan sangat puas, 55 orang pasien (70%) menyatakan
sangat puas dan lima orang pasien (6%) menyatakan tidak puas terhadap
pelayanan antenatal care yang diberikan petugas RSU Dr. Pirngadi Medan.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa mayoritas pasien
menyatakan puas terhadap pelayanan antenatal care di RSU Dr. Pirngadi
Medan, dan hanya lima orang pasien (6%) yang menyatakan tidak puas
khususnya terhadap pelayanan dalam pemberian tablet zat besi dan
pengarahan untuk melakukan tes penyakit menular seksual, maka dari itu
petugas harus lebih meningkatkan kemampuan dan tanggung jawabnya dalam
hal tersebut agar dapat mewujudkan rasa puas pasien terhadap pelayanan
yang telah diberikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar