Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Selasa, 24 April 2012

Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar

Abstrak

KUALITAS PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KARANGANYAR (Studi Deskriptif Kuantitatif Mengenai Kualitas Pelayanan Pelaksanaan Program Rakyat Terdaftar Negara Aman (RATNA) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar). Skripsi Program Studi Administrasi Negara. Jurusan Ilmu Administrasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2010.

Akta kelahiran merupakan salah satu dokumen yang harus dimiliki oleh setiap orang. Pelayanan akta kelahiran di Kabupaten Karanganyar dilaksanakan melalui Badan Pelayanan Perizinan Terpadu. Namun pemerintah kabupaten Karanganyar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan inovasi pelayanan publik dengan mengeluarkan program Rakyat Aman Negara Aman (RATNA). Program RATNA melayani KTP, KK dan akta kelahiran. Namun pada waktu sekarang, program RATNA ditujukan untuk pelayanan akta kelahiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar dalam pelayanan akta kelahiran melalui Program RATNA.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif sehingga dapat mengetahui tanggapan masyarakat mengenai pelayanan akta kelahiran melalui program RATNA. Adapun sumber data yang digunakan meliputi data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan wawancara dengan sumber data atau informan dan data sekunder yang yang berasal dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Metode penarikan sampel yang digunakan Accidental sampling, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara kuesioner, observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pelaksanaan Program Rakyat Terdaftar Negara Aman (RATNA) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar dapat diukur dengan menggunakan lima indikator yang mewakili dari berbagai macam indicator, yaitu keandalan, Jaminan, Bukti Langsung, Daya Tanggap, dan Empati.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar dalam pelayanan akta kelahiran melalui Program RATNA dapat dikatakan baik. Namun demikian tetap diperlukan upaya perbaikan kualitas pelayanan akta kelahiran demi terciptanya pelayanan yang memuaskan masyarakat

File Selengkapnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar