Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Rabu, 25 April 2012

Hubungan Motivasi Ekstrinsik Dalam Pembelajaran Laboratorium Dengan Kemampuan Dalam Asuhan Persalinan Normal Mahasiswa Semester V Akademi Kebidanan Imelda Medan

ABSTRAK

Pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan suatu bangsa karena pendidikan adalah proses penyampaian kebudayaan dari suatu generasi ke generasi berikutnya yang didalamnya termasuk keterampilan, pengetahuan, sikap-sikap dan nilai-nilai serta perilaku tertentu. desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan croos sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi ekstrinsik mahasiswa dalam pembelajaran praktek laboraturium dengan kemapuan dalam asuhan persalinan normal mahasiswa semester v akademi kebidanan imelda medan. jumlah responden dalam penelitian ini adalah 50 orang. pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. penelitian ini dilakukan di akademi kebidanan imelda medan. instrumen dalam penelitian ini adalah angket dengan 20 pertanyaan tentang motivasi ekstrinsik yang terdiri atas kualitas dosen, bobot materi kuliah, kondisi dan suasana pembelajaran, fasilitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran praktek laboraturium dengan kemapuan dalam asuhan persalinan normal mahasiswa semester v akademi kebidanan imelda medan berdasarkan hasil analisa data diperoleh dari tabel diatas menunjukan bahwa motivasi ekstrinsik dalam pembelajaran laboraturium paling banyak dalam motivasi sedang yaitu 33 orang dan paling sedikit dalam motivasi rendah yaitu 17 orang. dari tabel diatas diperoleh kemampuan mahasiswa akbid semester v dalam pembelajaran APN paling banyak dalam APN.

Hasil penelitian dilaporkan bahwa mahasiswa yang mempunyai motivasi sedang mempunyai kemampuan cukup sebesar 17, sedangkan mahasiswa yang mempunyai motivasi sedang, mempunyai kemampuan yaitu sebesar 12. hasil uji kai kuadrat dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan proporsi nilai kemapuan dalam APN pada motivasi sedang dibandingkan dengan motivasi tinggi. adapun besarnya dapt dilihat dari nilai OR yang besarnya 0,44 artinya mahasiswa yang mempunyai motivasi sedang mempunyai peluang 0,44 dibandingkan motivasi tinggi.

File Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar