ABSTRAK
Pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan suatu bangsa karena
pendidikan adalah proses penyampaian kebudayaan dari suatu generasi ke
generasi berikutnya yang didalamnya termasuk keterampilan, pengetahuan,
sikap-sikap dan nilai-nilai serta perilaku tertentu. desain yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan
pendekatan croos sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan
motivasi ekstrinsik mahasiswa dalam pembelajaran praktek laboraturium
dengan kemapuan dalam asuhan persalinan normal mahasiswa semester v
akademi kebidanan imelda medan. jumlah responden dalam penelitian ini
adalah 50 orang. pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling.
penelitian ini dilakukan di akademi kebidanan imelda medan. instrumen
dalam penelitian ini adalah angket dengan 20 pertanyaan tentang motivasi
ekstrinsik yang terdiri atas kualitas dosen, bobot materi kuliah,
kondisi dan suasana pembelajaran, fasilitas. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui hubungan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran praktek
laboraturium dengan kemapuan dalam asuhan persalinan normal mahasiswa
semester v akademi kebidanan imelda medan berdasarkan hasil analisa data
diperoleh dari tabel diatas menunjukan bahwa motivasi ekstrinsik dalam
pembelajaran laboraturium paling banyak dalam motivasi sedang yaitu 33
orang dan paling sedikit dalam motivasi rendah yaitu 17 orang. dari
tabel diatas diperoleh kemampuan mahasiswa akbid semester v dalam
pembelajaran APN paling banyak dalam APN.
Hasil penelitian
dilaporkan bahwa mahasiswa yang mempunyai motivasi sedang mempunyai
kemampuan cukup sebesar 17, sedangkan mahasiswa yang mempunyai motivasi
sedang, mempunyai kemampuan yaitu sebesar 12. hasil uji kai kuadrat
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan proporsi nilai kemapuan dalam APN
pada motivasi sedang dibandingkan dengan motivasi tinggi. adapun
besarnya dapt dilihat dari nilai OR yang besarnya 0,44 artinya mahasiswa
yang mempunyai motivasi sedang mempunyai peluang 0,44 dibandingkan
motivasi tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar