Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Jumat, 27 April 2012

Asuhan Keperawatan Keluarga Dengan Diabetes Mellitus Di Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor

BAB
 I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Diabetes mellitus adalah suatu penyakit dimana kadar glukosa di dalam darah cukup tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara cukup. Penyakit Diabetes mellitus merupakan penyakit yang sering dijumpai dimasyarakat terutama dikalangan masayarakat perkotaan. Penyebab utamanya adalah perubahan gaya hidup akibat urbanisasi dan modernisasi. Salah satu upaya pengendalian Diabetes mellitus dilakukan dengan pengaturan makanan, olahraga teratur serta mengkonsumsi obat pengatur gula darah.
Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara sebagai calon anggota profesi disiapkan untuk dapat mengembangkan profesi keperawatan setelah berada di lapangan pekerjaannya. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengaplikasi semua teori dan konsep yang telah diperoleh selama pendidikan di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.
Hal ini secara langsung dapat memberikan masukan untuk peningkatan pelayanan keperawatan keluarga di masyarakat yang menjadi lahan praktek mahasiswa Praktek Belajar Lapangan Komprehensif (PBLK) tersebut. Kegiatan Praktek Belajar Lapangan Komprehensif (PBLK) dilakukan di
Universitas Sumatera Utara
Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor selama 4 minggu, mulai pada tanggal 23 November 2009 sampai dengan 19 Desember 2009.
Kegiatan Praktek Belajar LapanganKomprehensif (PBLK) dilaksanakan berdasarkan kontrak belajar yang telah disepakati bersama antara mahasiswa, pembimbing akademik dan pembimbing klinik serta keluarga kelolaan, yang meliputi pengelolaan pelayanan dan asuhan keperawatan secara langsung pada klien dan keluarga.
Keluarga adalah bagian dari masyarakat yang peranannya sangat penting untuk membentuk kebudayaan yang sehat. Dari keluarga inilah pendidikan kepada individu dimulai. Keperawatan kesehatan keluarga adalah perawatan kesehatan yang ditujukan atau dipusatkan pada keluarga sebagai unit atau satu kesatuan yang dirawat dengan sehat sebagai tujuannya yang dilakukan oleh seorang perawat profesional dengan proses keperawatan yang berpedoman pada standar praktik keperawatan dengan berlandaskan etik dan etika keperawatan dalam lingkup dan wewenang serta tanggung jawab keperawatan.
Adapun asuhan keperawatan untuk klien kelolaan yang penulis pilih adalah asuhan keperawatan keluarga dengan Diabetes mellitus. Kasus ini dikemukakan penulis karena penulis ingin berbagi informasi dan meningkatkan pengetahuan keluarga dalam merawat pasien Diabetes mellitus serta menambah wawasan bagi penulis. Maka atas faktor-faktor tersebut di atas, penulis tertarik untuk mengelola keluarga dengan Diabetes mellitus.
Universitas Sumatera Utara
2 Tujuan PBLK
Tujuan dari pelayanan keperawatan PBLK ini adalah untuk : 

File Selengkapnya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar