ABSTRAK
Matematika sebagai salah satu bidang studi dengan
sederet materi hitung, kurang, kali dan bagi menjadi satu materi yang
masih harus dipikirkan oleh seluruh komponen pendidikan, karena materi
ini memerlukan konsentrasi tinggi, ketekunan dan bimbingan dari orang
luar (orang tua dan guru), baik secara individu maupun kelompok.
Prestasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar merupakan hal yang sangat
penting dikarenakan dapat digunakan sebagai tolok ukur berhasil
tidaknya proses belajar mengajar. Untuk memecahkan masalah yang ada para
perumusan tersebut di atas, maka akan dilakukan kegiatan dengan
strategi pembelajaran bertipe Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student
Teams Achievement Division (STAD) dengan maksud, Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) adalah agar
siswa saling membantu satu sama lain untuk memahami bahan pelajaran
melalui tutorial, kuis dan melakukan diskusi
Permasalahan dalam
penelitian ini adalah sebagai berikut. Apakah melalui implementasi
pembelajaran kooperatif menggunakan alat peraga dan LKS hasil belajar
dan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Perumnas Krapyak 03 pada pokok
bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat meningkat? Tujuan
penelitian adalah untuk menganalisis peningkatan hasil belajar dan
aktivitas peserta didik melalui implementasi peggunaan alat peraga dan
LKS pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Penelitian
tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas IV SDN Perumnas Krapyak 03
Semarang dengan jumlah siswa 34 anak terdiri dari 18 siswa laki-laki dab
16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap
siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber
data dari siswa dan guru kelas IV diperoleh dari evaluasi hasil
belajar, hasil kerja kelompok dengan LKS dan hasil observasi kegiatan
belajar siswa dan guru. Penelitian ini dikatakan berhasil jika
sekurang-kurangnya mendapat nilai ≥ 7,0 dan ketuntasan belajarnya
mencapai ≥ 75%.
Berdasar hasil penelitian pada siklus I dan II
diperoleh data dari hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan
kinerja guru dalam mengajar sebagai berikut. Indikator Siklus I Siklus
II
Hasil evaluasi belajar siswa 84 % 93% Aktivitas belajar siswa 65, 8% 76, 4% Kinerja guru dalam mengajar Baik Baik
Simpulan
dari penelitian ini adalah melalui implementasi pembelajaran kooperatif
tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan alat peraga
dan LKS pada pokok bahasan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan
pecahan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Perumnas
Krapyak 03 Semarang dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian
tindakan kelas ini disarankan agar guru kelas IV SDN Perumnas Krapyak 03
Semarang mau mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan alat peraga dan
LKS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar