ABSTRAK
SD Pogalan III, tempatnya adalah di pelosok desa,
sehingga sebagian besar masyarakat di Pogalan ini sebagai buruh tani
dan umumnya juga berpendidikan rendah, menikah di bawah umur, sehingga
kecerdasan siswa terganggu oleh keadaan ekonomi yang kurang menunjang.
Perhatian orang tua terhadap anaknya juga tidak dipedulikan. Anak
setelah pulang dari sekolah, hanya disuruh membantu orang tuanya mencari
kayu bakar, merumput dan lain-lain. Sehingga hasil belajar siswa di SD
Pogalan III ini relatif rendah.
Berdasarkan uraian pada latar
belakang masalah di atas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai
berikut. Apakah melalui pembelajaran berbalik (reciprocal teaching)
dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan luas dan
keliling pada siswa kelas V SD Pogalan III Kecamatan Pakis Kabupaten
Magelang Tahun Pelajaran 2004/2005. Tujuan penelitian kelas ini adalah
untuk mengenalkan implementasi model pembelajaran berbalik (reciprocal
teaching) dan untuk meningkatkan hasil belajar matematika, agar tujuan
pembelajaran tercapai melalui kegitan belajar mandiri.
Subyek
penelitian adalah siswa kelas V SD Pogalan III Pakis Magelang, guru
kelas V dan seorang guru sebagai pengamat. Penelitian tindakan kelas ini
dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus, setiap siklus terdiri dari empat
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tolok
ukur keberhasilan yaitu jika hasil belajar meningkat dengan indikator
daya serap lebih dari 70% dan nilai ketuntasan 7,5.
Dari hasil
pengamatan atas tindakan pembelajaran pada siswa kelas V SD Pogalan III
Pakis Magelang pada pokok bahasan luas dan keliling, hasil belajar yang
dicapai sebagai berikut. Siklus I ketuntasan individual 65% dan
ketuntasan kelas 60%, nilai rata-rata 6,8. Siklus II ketuntasan
individual 70% dan ketuntasan kelas 72%, nilai rata-rata 7,2. Siklus III
ketuntasan individual 79% dan ketuntasan kelas 72%, nilai rata-rata 8,4
dan rata-rata keaktifan siswa siklus 1 2,25, Siklus II 3,0, siklus III
3,2 dan rata-rata skor kegiatan guru siklus I, 2,8, siklus II 3,0,
siklus III 3,2.
Simpulan yang diperoleh setelah dilaksanakan
penelitian tindakan kelas adalah implementasi model pembelajaran
berbalik dapat meningkatkan hasil belajar pokok bahasan luas dan
keliling pada siswa kelas V SD Pogalan III Kecamatan Pakis Kabupaten
Magelang Tahun Pelajaran 2004/2005. Karena dengan siswa menemukan
sendiri, merangkum, dan mengeluarkan pendapat meningkatkan kemampuan
berpikir siswa. Saran yang dapat direkomendasikan adalah diharapkan guru
kelas V dalam mengajarkan matematika khususnya pada pokok bahasan luas
dan keliling menggunakan model pembelajaran berbalik (reciprocal
teaching).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar