ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Pokok
Bahasan Sistem Persamaan Linear Dengan Dua Peubah pada Siswa Kelas II
semester 2 SMP 4 Semarang”.
Strategi yang sering digunakan guru
untuk mengaktifkan siswa adalah melibatkan siswa dalam diskusi dengan
seluruh anggota kelas. Namun strategi ini tidak terlalu efektif walaupun
guru sudah berusaha dan mendorong siswa untuk berpartisipasi.
Kebanyakan siswa hanya terpaku menjadi penonton, sementara arena kelas
dikuasai hanya segelintir orang. Sehingga dibutuhkan metode yang dapat
mengurangi kebosanan dan menimbulkan motivasi belajar bagi siswa.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran Kooperatif
Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan
mengetahui apakah pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dapat
meningkatkan keaktifan siswa belajar metematika sub pokok bahasan Sistem
Persamaan Linear dengan Dua Peubah.
Pembelajaran Kooperatif
Jigsaw II merupakan salah satu tipe model pembelajaran dimana dalam
model ini suatu bidang ilmu “dipecah-pecah” menjadi beberapa bagian
dibahas lalu pecahan-pecahan itu disatukan kembali dalam diskusi.
Subyek
Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas IIA SMP 4 Semarang
yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus. Setiap
siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan analisis,
refleksi serta evaluasi. Data yang diambil adalah hasil belajar melalui
tes akhir siklus dan keaktifan siswa melalui lembar observasi pada
waktu pelaksanaan pembelajaran. Indikator yang diharapkan peneliti
adalah siswa yang mendapat nilai 7 akan mencapai 25% dan siswa yang
mendapat nilai < 6 mencapai 60% serta keaktifan siswa akan mencapai
65% pada akhir penelitian.
Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini
menunjukan hasil belajar pada siklus I,siswa yang mendapat nilai 7 ada
13,64% dan siswa yang mendapat nilai < 6 ada 77,27%. Pada siklus II
siswa yang mendapat nilai 7 sebesar 25% dan siswa yang mendapat nilai
< 6 ada 59,09%. Sedangkan keaktifan siswa pada siklus I sebesar
56,76% dan siklus II mencapai 65%. Hasil pengamatan, beberapa hal yang
menyebabkan meningkatnya hasil belajar dan keaktifan siswa adalah
keadaan guru, keadaan siswa,dana sarana prasarana yang memadai.
Simpulan
penelitian ini adalah pembelajaran Kooperatif Jigsaw II dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan Sistem Persamaan
Linear dengan Dua Peubah serta dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar