Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Rabu, 25 April 2012

Pengaruh Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ummah Kecamatan Balongpanggang Kebupaten Gresik Tahun Pelajaran 2008-2009

ABSTRAK

Pengaruh Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ummah Kecamatan Balongpanggang Kebupaten Gresik Tahun Pelajaran 2008-2009.

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang diperoleh melalui belajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar atau prestasi belajar menulis bahasa Indonesia, satu diantaranya adalah minat baca. Minat baca adalah merupakan hasrat seseorang atau siswa terhadap bacaan, yang mendorong munculnya keinginan atau kemampuan untuk membaca, diikuti oleh kegiatan nyata membaca bacaan yang diminatinya. Minat baca bersifat pribadi dan merupakan produk belajar. Minat baca mempunyai andil cukup besar dalam mencapai keberhasilan menulis bahasa Indonesia.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini menyarankan bahwa penelitian yang dilakukan semata-mata hanya didasarkan pada fakta yang ada atau fenomena yang memang secara empiris hidup dalam penuturannya sehingga dihasilkan pemerian seperti apa adanya. Adapun ciri metode ini adalah pemusatan pada masalah-masalah yang aktual dan data yang dikumpulkan disusun, dijelaskan, dianalisis.
Penulis berusaha mengumpulkan data dan menganalisis data yang diperoleh. Dalam pengumpulan data metode yang digunakan adalah metode angket dan metode tes. Metode angket digunakan untuk memperoleh data nilai minat baca siswa dengan menggunakan instrumen tes minat baca, sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh nilai prestasi belajar menulis dengan menggunakan instrumen tes menulis bahasa Indonesia. Setelah data dinilai minat baca dikumpulkan maka diadakan pengklasifikasian antara siswa yang berminat baca tinggi dan siswa yang minat baca rendah. Data nilai belajar menulis ditabulasikan dengan nilai minat baca siswa, kemudian diadakan analisis data. Untuk menganalisis data yang telah terkumpul yaitu pengukuran mengenai ada tidaknya pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar menulis.
Sehingga untuk hipotesis yang berbunyi ada perbedaan prestasi belajar menulis antara siswa yang berminat baca tinggi dan siswa yang berminat baca rendah diterima. Dengan diterimanya hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar menulis.
Adapun tujuan penulisan ini adalah untuk memperoleh gambaran secara objektif tentang pengaruh minat baca terhadap prestasi siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ummah Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2007-2008.
Penelitian ini diadakan di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ummah Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2008-2009, yang terdiri dari 30 siswa.
Berdasar hal tersebut maka diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru agar menumbuhkan dan memupuk minat baca siswa, sehingga prestasi belajar menulis siswa semakin baik, bagi siswanya sendiri yang minat bacanya masih rendah supaya lebih meningkatkan lagi. 


File Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar