ABSTRAK
Pengaruh Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas VI
Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ummah Kecamatan Balongpanggang Kebupaten
Gresik Tahun Pelajaran 2008-2009.
Keterampilan menulis merupakan
keterampilan yang diperoleh melalui belajar. Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi keberhasilan belajar atau prestasi belajar menulis bahasa
Indonesia, satu diantaranya adalah minat baca. Minat baca adalah
merupakan hasrat seseorang atau siswa terhadap
bacaan, yang mendorong munculnya keinginan atau kemampuan untuk membaca,
diikuti oleh kegiatan nyata membaca bacaan yang diminatinya. Minat baca
bersifat pribadi dan merupakan produk belajar. Minat baca mempunyai
andil cukup besar dalam mencapai keberhasilan menulis bahasa Indonesia.
Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini
menyarankan bahwa penelitian yang dilakukan semata-mata hanya
didasarkan pada fakta yang ada atau fenomena yang memang secara empiris
hidup dalam penuturannya sehingga dihasilkan pemerian seperti apa
adanya. Adapun ciri metode ini adalah pemusatan pada masalah-masalah
yang aktual dan data yang dikumpulkan disusun, dijelaskan, dianalisis.
Penulis
berusaha mengumpulkan data dan menganalisis data yang diperoleh. Dalam
pengumpulan data metode yang digunakan adalah metode angket dan metode
tes. Metode angket digunakan untuk memperoleh data nilai minat baca
siswa dengan menggunakan instrumen tes minat baca, sedangkan metode tes
digunakan untuk memperoleh nilai prestasi belajar menulis dengan
menggunakan instrumen tes menulis bahasa Indonesia. Setelah data dinilai
minat baca dikumpulkan maka diadakan pengklasifikasian antara siswa
yang berminat baca tinggi dan siswa yang minat baca rendah. Data nilai
belajar menulis ditabulasikan dengan nilai minat baca siswa, kemudian
diadakan analisis data. Untuk menganalisis data yang telah terkumpul
yaitu pengukuran mengenai ada tidaknya pengaruh minat baca terhadap
prestasi belajar menulis.
Sehingga untuk hipotesis yang berbunyi ada
perbedaan prestasi belajar menulis antara siswa yang berminat baca
tinggi dan siswa yang berminat baca rendah diterima. Dengan diterimanya
hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh minat baca
terhadap prestasi belajar menulis.
Adapun tujuan penulisan ini adalah
untuk memperoleh gambaran secara objektif tentang pengaruh minat baca
terhadap prestasi siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ummah
Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2007-2008.
Penelitian
ini diadakan di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ummah Kecamatan
Balongpanggang Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2008-2009, yang terdiri
dari 30 siswa.
Berdasar hal tersebut maka diharapkan penelitian ini
dapat digunakan sebagai masukan bagi guru agar menumbuhkan dan memupuk
minat baca siswa, sehingga prestasi belajar menulis siswa semakin baik,
bagi siswanya sendiri yang minat bacanya masih rendah supaya lebih
meningkatkan lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar