ABSTRAK
Kata kunci: Metode Kontekstual, Pembelajaran, Menulis Cerpen.
Metode
kontekstual sangat cocok diterapkan dalam pengajaran dan pembelajaran
bahasa dan sastra Indonesia, karena bahasa dan sastra sangat erat
kaitannya dengan masyarakat, lingkungan, dan konteksnya. Pada kesempatan
ini peneliti akan menitikberatkan pada pembelajaran sastra khususnya
dalam hal menulis cerpen.
Menulis merupakan salah satu
keterampilan berbahasa, menulis memerlukan kesabaran, keuletan, dan
kejelian sendiri. Disamping itu, menulis bukanlah kemampuan yang dapat
dikuasai dengan sendirinya, melainkan harus melalui proses pembelajaran
sehingga diperlukan waktu yang panjang untuk menumbuhkan tradisi
menulis. Melalui kemampuan menulis siswa harus mempunyai ide untuk
menuangkan dalam bentuk karya sastra. Salah satu jenis karya sastra itu
adalah cerpen.
Melihat kenyataan seperti itulah peneliti ingin
memberikan kemudahan kepada siswa, diantaranya peneliti ingin menerapkan
penggunaan metode kontekstual untuk meningkatkan hasil menulis cerpen,
terutama dikalangan siswa kelas 1 SMPN 5 Banjarmasin.
Berkaitan
dengan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini
adalah Bagaimana penerapan metode kontekstual dalam pembelajaran
menulis cerpen siswa kelas 1 SMPN 5 Banjarmasin? Sejalan dengan itu,
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode
kontekstual dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas 1 SMPN 5
Banjarmasin. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
deskriftif kualitatif.
Dari penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
(1) Kemampuan menulis cerpen tiap-tiap siswa berbeda.
(2) Kemampuan menulis cerpen siswa sudah cukup baik.
(3)
Proses pembelajaran menulis cerpen siswa kelas 1 SMPN 5 Banjarmasin
dengan metode kontekstual telah berjalan dengan cukup baik
(4) Kemampuan menulis cerpen siswa dengan metode kontekstual berjalan sesuai dengan prosedur pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar