Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Rabu, 25 April 2012

Penerapan Metode Kontekstual Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen

ABSTRAK

Kata kunci: Metode Kontekstual, Pembelajaran, Menulis Cerpen.
Metode kontekstual sangat cocok diterapkan dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, karena bahasa dan sastra sangat erat kaitannya dengan masyarakat, lingkungan, dan konteksnya. Pada kesempatan ini peneliti akan menitikberatkan pada pembelajaran sastra khususnya dalam hal menulis cerpen.
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa, menulis memerlukan kesabaran, keuletan, dan kejelian sendiri. Disamping itu, menulis bukanlah kemampuan yang dapat dikuasai dengan sendirinya, melainkan harus melalui proses pembelajaran sehingga diperlukan waktu yang panjang untuk menumbuhkan tradisi menulis. Melalui kemampuan menulis siswa harus mempunyai ide untuk menuangkan dalam bentuk karya sastra. Salah satu jenis karya sastra itu adalah cerpen.
Melihat kenyataan seperti itulah peneliti ingin memberikan kemudahan kepada siswa, diantaranya peneliti ingin menerapkan penggunaan metode kontekstual untuk meningkatkan hasil menulis cerpen, terutama dikalangan siswa kelas 1 SMPN 5 Banjarmasin.
Berkaitan dengan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode kontekstual dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas 1 SMPN 5 Banjarmasin? Sejalan dengan itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode kontekstual dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas 1 SMPN 5 Banjarmasin. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif.
Dari penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
(1) Kemampuan menulis cerpen tiap-tiap siswa berbeda.
(2) Kemampuan menulis cerpen siswa sudah cukup baik.
(3) Proses pembelajaran menulis cerpen siswa kelas 1 SMPN 5 Banjarmasin dengan metode kontekstual telah berjalan dengan cukup baik
(4) Kemampuan menulis cerpen siswa dengan metode kontekstual berjalan sesuai dengan prosedur pembelajaran.


File Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar