ABSTRAK
Kata Kunci Meningkatkan Prestasi Belajar, Metode Latihan Terbimbing, Segitiga.
Latar
belakang dari penelitian ini adalah belum tuntasnya belajar siswa
sebelum pokok bahasan segitiga pada siswa kelas 15 SMP Negeri I
Taliwang. Berdasarkan teori belajar Matematika, untuk memecahkan masalah
tersebut maka peneliti mencoba menerapkan metode latihan terbimbing dalam proses pembelajaran.
Adapun
tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas metode latihan
terbimbing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 15 SMP
Negeri I Taliwang pada Pokok Bahasan Segitiga Tahun Pelajaran 2005/2006.
Penelitian
ini dilaksanakan di SMP Negeri I Taliwang Sumbawa Barat pada siswa
kelas 15 Tahun Pelajaran 2005/2006 yang terdiri dari 31 orang Siswa.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari enam
subpokok bahasan yang terbagi menjadi tiga siklus. Dari masing-masing
siklus diperoleh data berupa hasil observasi dan hasil evaluasi yang
dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data-data tersebut
dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan, apabila 85 %
dari seluruh siswa telah memperoleh 65, maka hipotesis diterima.
Dari
hasil pengolahan data tersebut, diperoleh persentase ketuntasan belajar
pada Siklus I sebesar 83,87 %, pada Siklus II sebesar 87,10 %, dan pada
Siklus III sebesar 96,77 %. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan
pada tiap-tiap siklus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan
metode latihan terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas 15 SMP Negeri I Taliwang Sumbawa Barat pada pokok bahasan segitiga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar