Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Rabu, 25 April 2012

Penerapan Metode Latihan Terbimbing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas I SMP Negeri I Taliwang Sumbawa Barat Pada Pokok Bahasan Segitiga

ABSTRAK

Kata Kunci Meningkatkan Prestasi Belajar, Metode Latihan Terbimbing, Segitiga.

Latar belakang dari penelitian ini adalah belum tuntasnya belajar siswa sebelum pokok bahasan segitiga pada siswa kelas 15 SMP Negeri I Taliwang. Berdasarkan teori belajar Matematika, untuk memecahkan masalah tersebut maka peneliti mencoba menerapkan metode latihan terbimbing dalam proses pembelajaran.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas metode latihan terbimbing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 15 SMP Negeri I Taliwang pada Pokok Bahasan Segitiga Tahun Pelajaran 2005/2006.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Taliwang Sumbawa Barat pada siswa kelas 15 Tahun Pelajaran 2005/2006 yang terdiri dari 31 orang Siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari enam subpokok bahasan yang terbagi menjadi tiga siklus. Dari masing-masing siklus diperoleh data berupa hasil observasi dan hasil evaluasi yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan, apabila  85 % dari seluruh siswa telah memperoleh  65, maka hipotesis diterima.
Dari hasil pengolahan data tersebut, diperoleh persentase ketuntasan belajar pada Siklus I sebesar 83,87 %, pada Siklus II sebesar 87,10 %, dan pada Siklus III sebesar 96,77 %. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan pada tiap-tiap siklus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 15 SMP Negeri I Taliwang Sumbawa Barat pada pokok bahasan segitiga


File Selengkapnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar