ABSTRAK
Perubahan yang terjadi pada dunia bisnis saat ini
benar-benar tak menentu. Untuk itu setiap perusahaan yang ingin
memenangkan persaingan dan sukses di abad ini harus menerapkan konsep
diferensiasi produk maka perusahaan dapat menggunakan seluruh sumber
daya dan keunggulan yang ada dalam memanfaatkan segala perubahan untuk
memenangkan persaingan. Diferensiasi ini sangat penting dan cocok
sebagai kunci sukses dalam perusahaan, maka penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk terhadap
kepuasan pelanggan pada Toko Dua Motor Bitung.
Perusahaan dalam
menjalankan usahanya harus menerapkan diferensiasi, dimana diferensiasi
merupakan salah satu jenis keunggulan bersaing yang bisa di dimiliki
perusahaan. Karena diduga penerapan diferensiasi produk sangat
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen suatu perusahaan.
Penelitian
ini dilakukan dengan mengadakan penelitian terhadap kebijakan
diferensiasi produk pada Toko Dua Motor Bitung. Metode yang digunakan
adalah metode regresi sederhana dan koefisien korelasi dan uji t untuk
melihat pengaruh dan hubungan diferensiasi produk terhadap kepuasan
pelanggan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa diferensiasi produk
memiliki hubungan yang kuat terhadap kepuasan konsumen pada Toko Dua
Motor Bitung. Hal ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh dalam
pengujian hipotesa dimana nilai thitung = 13,29 > dari ttabel ¬=
1,701 pada = 0,05 atau 5 % dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,929
serta nilai koefisien determinasi = 86,3 % selanjutnya persamaan regresi
sederhana yang diperoleh adalah y = 7,707 + 0,87106 x. Artinya bahwa
setiap penurunan diferensiasi produk sebagai 1 % pada Toko Dua Motor
Bitung akan meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 0,87106 %.
Dapat
disimpulkan bahwa kunci keberhasilan Toko Dua Motor Bitung dalam meraih
dan melayani pasar harus menerapkan konsep diferensiasi produk yang
dapat meningkatkan kepuasan pelanggan serta terus menjadi perusahaan
yang sukses dan dapat memenangkan persaingan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar