Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Rabu, 25 April 2012

Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Dua Motor Bitung

ABSTRAK

Perubahan yang terjadi pada dunia bisnis saat ini benar-benar tak menentu. Untuk itu setiap perusahaan yang ingin memenangkan persaingan dan sukses di abad ini harus menerapkan konsep diferensiasi produk maka perusahaan dapat menggunakan seluruh sumber daya dan keunggulan yang ada dalam memanfaatkan segala perubahan untuk memenangkan persaingan. Diferensiasi ini sangat penting dan cocok sebagai kunci sukses dalam perusahaan, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Dua Motor Bitung.
Perusahaan dalam menjalankan usahanya harus menerapkan diferensiasi, dimana diferensiasi merupakan salah satu jenis keunggulan bersaing yang bisa di dimiliki perusahaan. Karena diduga penerapan diferensiasi produk sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen suatu perusahaan.
Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan penelitian terhadap kebijakan diferensiasi produk pada Toko Dua Motor Bitung. Metode yang digunakan adalah metode regresi sederhana dan koefisien korelasi dan uji t untuk melihat pengaruh dan hubungan diferensiasi produk terhadap kepuasan pelanggan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa diferensiasi produk memiliki hubungan yang kuat terhadap kepuasan konsumen pada Toko Dua Motor Bitung. Hal ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh dalam pengujian hipotesa dimana nilai thitung = 13,29 > dari ttabel ¬= 1,701 pada  = 0,05 atau 5 % dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,929 serta nilai koefisien determinasi = 86,3 % selanjutnya persamaan regresi sederhana yang diperoleh adalah y = 7,707 + 0,87106 x. Artinya bahwa setiap penurunan diferensiasi produk sebagai 1 % pada Toko Dua Motor Bitung akan meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 0,87106 %.
Dapat disimpulkan bahwa kunci keberhasilan Toko Dua Motor Bitung dalam meraih dan melayani pasar harus menerapkan konsep diferensiasi produk yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan serta terus menjadi perusahaan yang sukses dan dapat memenangkan persaingan.

File Selengkapnya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar