ABSTRAK
Pelajaran Matematika pada umumnya merupakan mata
pelajaran yang kurang disenangi siswa, karena membutuhkan ketelitian dan
kesabaran, hal ini berdampak pada nilai matematika tiap semester
cenderung rendah yaitu _ 7. Sebenarnya pelajaran matematika bukanlah hal
yang sulit dipelajari bila pemahaman dan penanaman konsepnya sudah
dikuasai siswa. Tujuan Pembelajaran Volum Balok dan Kubus dengan
menggunakan alat peraga tiga dimensi adalah dapat meningkatkan hasil
belajar siswa, dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan dapat
meningkatkan kinerja guru yang dapat dilihat dari observasi siswa dan
observasi guru.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah
Metode Pemecahan Masalah merupakan tipe belajar yang paling tinggi
tingkatannya dan kompleks dibanding dengan metode pembelajaran yang
lain.
Penggunaan metode ini siswa harus sudah memiliki
persyaratan untuk menyelesaikan soal, siswa harus mampu menyelesaikan
soal tersebut, siswa belum mempunyai alogaritma penyelesaian soal.
Hasil
penelitian yang diharapkan dari Pembelajaran Volum Balok dan Kubus
dengan menggunakan alat peraga tiga dimensi yaitu bila minimal 85% siswa
yang mengikuti pembelajaran tersebut mendapat nilai _ 75, keaktifan
siswa yang didapat dari skor penilaian observasi siswa mendapat
rata-rata skor minimal dan dapat meningkatkan keaktifan siswa _ 4 dan
kinerja guru mendapat rata-rata skor minimal _ 4 yang didapat dari skor
penilaian observasi guru.
Dari penelitian ini dapatlah
disimpulkan bahwa Pembelajaran Volum Balok dan Kubus dengan menggunakan
alat peraga tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa (91,43%)
dan dapat meningkatkan keaktifan siswa (skor penilaian ratarata = 5)
serta dapat meningkatkan kinerja guru (skor rata-rata = 5). Oleh karena
itu peneliti menyarankan khususnya untuk guru SD untuk lebih banyak
menyiapkan atau menyediakan alat peraga tiga dimensi dalam membantu
siswa pada Pembelajaran Volum Balok dan Kubus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar