Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Rabu, 25 April 2012

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn Jamasih 01 Kecamatan Ketanggungan Pada Pokok Bahasan Pembagian Bilangan Desimal Dengan Bilangan Bulat Melalui Latihan Terstruktur

ABSTRAK

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri Jumasih 01 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes pada pokok bahasan pembagian. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa selama ini mendapat nilai rata-rata 5,8.

Sehubungan dengan itu perlu adanya suatu usaha dalam pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk dapat menyelesaikan sal-soal pembagian sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Berdasarkan pemikiran tersebut penelitian ini dilakukan dengan mengambil judul “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Jamasih 01 Kecamatan Ketanggungan pada Pokok Bahasan Pembagian Bilangan Desimal dengan Bilangan Bulat Melalui Latihan Terstuktur”. Permasalahannya adalah “Apakah hasil belajar siswa kelas VI SDN Jamasih 01 dalam pokok bahasan pembagian bilangan desimal dengan bilangan bulat melalui latihan terstruktur dapat ditingkatkan ?” Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan agar siswa dapat menyelesaikan pembagian dengan benar. Manfaat penelitiannya untuk siswa, guru dan sekolah.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Jamasih 01 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes sebanyak 31 siswa. Dalam penelitian ini ditempuh melalui 2 siklus. Setiap siklus tediri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan tes dan pengamatan. Tolok ukur keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada pokok bahasan pembagian mendapat nilai rata-rata minimal 6,5.

Hasil penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam siklus menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 5,9. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas 6,8. Hal ini menunjukkan bahwa daya serap siswa tehadap pokok bahasan pembagian sudah lebih baik.

Simpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan diterapkan latihan terstruktur maka hasil belajar siswa pada pokok bahasan pembagian semakin meningkat. Saran yang dapat diberikan adalah latihan terstruktur dapat dijadikan alternative dalam pembelajaran pembagian di Sekolah Dasar kelas VI.

File Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar