ABSTRAK
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini
adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri
Jumasih 01 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes pada pokok bahasan
pembagian. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa selama ini
mendapat nilai rata-rata 5,8.
Sehubungan dengan itu perlu adanya
suatu usaha dalam pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk dapat
menyelesaikan sal-soal pembagian sehingga hasil belajar siswa dapat
ditingkatkan. Berdasarkan pemikiran tersebut penelitian ini dilakukan
dengan mengambil judul “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI
SDN Jamasih 01 Kecamatan Ketanggungan pada Pokok Bahasan Pembagian
Bilangan Desimal dengan Bilangan Bulat Melalui Latihan Terstuktur”.
Permasalahannya adalah “Apakah hasil belajar siswa kelas VI SDN Jamasih
01 dalam pokok bahasan pembagian bilangan desimal dengan bilangan bulat
melalui latihan terstruktur dapat ditingkatkan ?” Tujuan penelitian ini
untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan agar siswa dapat
menyelesaikan pembagian dengan benar. Manfaat penelitiannya untuk siswa,
guru dan sekolah.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD
Negeri Jamasih 01 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes sebanyak 31
siswa. Dalam penelitian ini ditempuh melalui 2 siklus. Setiap siklus
tediri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan
refleksi. Data diambil dengan menggunakan tes dan pengamatan. Tolok ukur
keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika siswa dalam menyelesaikan
soal-soal pada pokok bahasan pembagian mendapat nilai rata-rata minimal
6,5.
Hasil penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam siklus
menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata
kelas pada siklus I yaitu 5,9. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata
kelas 6,8. Hal ini menunjukkan bahwa daya serap siswa tehadap pokok
bahasan pembagian sudah lebih baik.
Simpulan dari hasil
penelitian ini adalah dengan diterapkan latihan terstruktur maka hasil
belajar siswa pada pokok bahasan pembagian semakin meningkat. Saran yang
dapat diberikan adalah latihan terstruktur dapat dijadikan alternative
dalam pembelajaran pembagian di Sekolah Dasar kelas VI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar