Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Jumat, 27 April 2012

Analisa Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Keperawatan Prima di Ruang rawat Inap Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan

Abstrak
Rumah sakit sebagai pemberi jasa pelayanan harus dapat memuaskan
masyarakat sebagai pengguna jasa. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator
dalam menilai mutu pelayanan dirumah sakit. Pelayanan keperawatan merupakan
bagian intekral dari pelayanan kesehatan dirumah sakit, kualitas pelayanan kesehatan
sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan keperawatan sehingga perlu adanya
peningkatan mutu pelayanan keperawatan dirumah sakit tersebut. Salah satu
pelayanan keperawatan dirumah sakit adalah pelayanan prima merupakan suatu
pelayanan professional, cepat, bersih, ramah dan pelayanan yang memberikan
kepuasan bagi kesembuhan pasien.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tingkat kepuasan pasien pada
pelayanan keperawatan prima diruang rawat inap rumah sakit H. Adam Malik Medan
yang dinilai dari enam unsur pelayanan keperawatan prima yaitu kemampuan, sikap,
penampilan, perhatian, tindakan, tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan
desain deskriptif dengan jumlah sampel 147 orang. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik cluster sample. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai April
2009 dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri
dari data demografi, kuesiner mengukur tingkat kepuasan pasien pada pelayanan
keperawatan prima yang menggunakan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan 18,5% pasien menyatakan sangat memuaskan,
74,3% pasien menyatakan memuaskan, 6,8% pasien menyatakan tidak memuaskan
dan 0% sangat tidak memuaskan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penerapan pelayanan keperawatan prima yang diberikan perawat perlu
meningkatkan pelayanannya, dengan memberikan penjelasan kepada pasien dan
keluarga tentang penyakit yang diderita, tindakan keperawatan yang dilakukan
terhadap pasien, serta meningkatkan caring terhadap pasien.. Penelitian selanjutnya
diharapkan peneliti dapat menggambarkan hubungan antara kepuasan pasien dengan
faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan keperawatan prima. 

File Selengkapnya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar