ABSTRAK
Kepuasan merupakan suatu tingkat perasaan pasien yang timbul
akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien
membandingkan dengan apa yang diharapkannya khususnya pelayanan KB.
Pelayanan KB bertujuan untuk mewujudkan keluarga berkualitas melalui
pengaturan jumlah keluarga secara terencana. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi kepuasan akseptor KB terhadap pelayanan KB di
klinik bersalin N. Tambunan Medan yang dinilai dari lima aspek kualitas
pelayanan kesehatan yaitu kenyataan, kehandalan, ketanggapan, jaminan
dan konseling. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan
jumlah sampel 73 orang, pengambilan sampel melalui teknik accidental
sampling. Penelitian dilakukan pada Februari sampai April 2010.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai
instrumen penelitian untuk mengukur kepuasan akseptor KB terhadap
pelayanan KB di klinik bersalin N .Tambunan. Dalam penelitian ini, data
dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi
frekuensi dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 73
orang responden terdapat 47% akseptor yang memiliki tingkat kepuasan
tinggi, 52% akseptor yang memiliki tingkat kepuasan sedang dan 1%
akseptor yang memiliki tingkat kepuasan rendah terhadap pelayanan KB di
klinik bersalin N. Tambunan Medan khususnya pada aspek ketanggapan dan
konseling. Implikasi dari penelitian ini dalam hal penerapan pelayanan
KB yang dilaksanakan oleh bidan perlu ditingkatkan lagi agar tercapai
rasa puas pada akseptor terhadap pelayanan yang diberikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar