Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Rabu, 25 April 2012

Kepuasan Akseptor KB terhadap Pelayanan KB di Klinik Bersalin N.Tambunan Medan

ABSTRAK

Kepuasan merupakan suatu tingkat perasaan pasien yang timbul akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya khususnya pelayanan KB. Pelayanan KB bertujuan untuk mewujudkan keluarga berkualitas melalui pengaturan jumlah keluarga secara terencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kepuasan akseptor KB terhadap pelayanan KB di klinik bersalin N. Tambunan Medan yang dinilai dari lima aspek kualitas pelayanan kesehatan yaitu kenyataan, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan konseling. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan jumlah sampel 73 orang, pengambilan sampel melalui teknik accidental sampling. Penelitian dilakukan pada Februari sampai April 2010. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian untuk mengukur kepuasan akseptor KB terhadap pelayanan KB di klinik bersalin N .Tambunan. Dalam penelitian ini, data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 73 orang responden terdapat 47% akseptor yang memiliki tingkat kepuasan tinggi, 52% akseptor yang memiliki tingkat kepuasan sedang dan 1% akseptor yang memiliki tingkat kepuasan rendah terhadap pelayanan KB di klinik bersalin N. Tambunan Medan khususnya pada aspek ketanggapan dan konseling. Implikasi dari penelitian ini dalam hal penerapan pelayanan KB yang dilaksanakan oleh bidan perlu ditingkatkan lagi agar tercapai rasa puas pada akseptor terhadap pelayanan yang diberikan. 

File Selengkapnya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar