Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Rabu, 25 April 2012

Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Nifas yang dilaksanakan oleh Bidan di Puskesmas Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu Riau

ABSTRAK

Kepuasan pasien sebagai pengguna jasa merupakan salah satu indikator dalam menilai mutu
pelayanan di puskesmas. Pelayanan nifas yang dilaksanakan oleh bidan merupakan salah satu
bagian integral dari pelayanan kesehatan di puskesmas dan menjadi salah satu penentu kualitas
pelayanan yang memerlukan adanya peningkatan mutu layanan pelayanan nifas yang dilakukan
oleh bidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kepuasan pasien terhadap pelayanan
nifas yang dilaksanakan oleh bidan di Puskesmas Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu-Riau yang
dinilai dari lima aspek kualitas pelayanan kesehatan yaitu hubungan bidan dengan pasien,
kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif
dengan jumlah sampel 84 orang. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
dilakukan dengan teknik simple random sampling. Waktu yang digunakan dalam pengumpulan
data dalam penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2010 sampai Maret 2010. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari data demografi dan kuesioner
untuk mengukur kepuasan pasien terhadap pelayanan nifas yang dilaksanakan oleh bidan. Dalam
penelitian ini, data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi
frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan 89,28% pasien menyatakan kepuasan
sedang, 8,33% kepuasan tinggi dan 2,38% kepuasan rendah pada pelayanan nifas khususnya
dalam hal ketanggapan bidan dalam menanggapi keluhan pasien. Implikasi yang diperoleh
dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pasien terhadap pelayanan nifas yang
dilaksanakan oleh bidan berada dalam tingkat sedang dan perlu lebih ditingkatkan lagi sehingga
tercapai kepuasan yang tinggi terhadap layanan kesehatan. 

File Selengkapnya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar