ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
perbandingan hasil belajar pangkat rasional antara siswa yang mendapat
peta konsep dan metode umpan balik dengan siswa yang mendapat peta
konsep tanpa umpan balik.
Populasi yang diambil dalam Penelitian ini adalah siswa kelas I MAN Godean, yang
terdiri dari 6 kelas. Jumlah siswa perkelas rata-rata 23 orang. Sampel
yang diambil adalah 3 kelas, yaitu 1A dan 1B sebagai kelompok
eksperimen, sedangkan 1C sebagai kelompok kontrol. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tehnik
pengumpulan data berupa tes hasil belajar pangkat rasional yang
berbentuk soal obyektif sebanyak 30 soal.
Dari penelitian diperoleh
hasil pengolahan data sebagai berikut. Data kelompok eksperimen dengan
perlakuan peta konsep dan umpan balik menunjukkan bahwa rerata hasil
belajarnya diperoleh sebesar 21,273 dengan simpangan baku 5,063. Data
kelompok eksperimen dengan perlakuan peta konsep tanpa umpan balik
menunjukkan bahwa rerata hasil belajarnya diperoleh sebesar 12, 870
dengan simpangan baku 3,935. Sedangkan data kelompok kontrol dengan
pembelajaran konvensional menunjukkan bahwa rerata hasil belajarnya
diperoleh sebesar 13,150 dengan simpangan baku 5,143.
Harga hitung
untuk variable hasil belajar pangkat rasional adalah sebesar 13,487.
Apabila dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5%
(derajat kebebasan = 9) sebesar 16,919. Ternyata hitung lebih kecil
dari tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa data hasil belajar pangkat
rasional berdistribusi normal. Berdasarkan hasil pengujian homogenitas
varians, diperoleh F hitung variabel hasil belajar pangkat rasional
sebesar 1,708 dengan derajat kebebasan 2 lawan 62. Besarnya F hitung
ternyata lebih kecil jika dibandingkan F tabel pada taraf signifikansi 5
% yakni sebesar 3,15. Hal ini menunjukkan varians sample yang diamati
adalah homogen.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan Anava 1
Jalur, diperoleh F hitung variabel hasil belajar pangkat rasional
sebesar 22,369 dengan derajat kebebasan 2 lawan 62. Besarnya F hitung
ternyata lebih besar jika dibandingkan F tabel pada taraf signifikansi 5
% yakni sebesar 3,15. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif
(Ha) yang menyatakan “Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa
pada sistem pembelajaran antara metode peta konsep dan umpan balik
dengan metode peta konsep tanpa umpan balik maupun tanpa kedua-duanya“,
diterima. Dan Hipotesis nihilnya (Ho) yang menyatakan “Tidak ada
perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada sistem pembelajaran
antara metode peta konsep dan umpan balik dengan metode peta konsep
tanpa umpan balik maupun tanpa kedua-duanya”, ditolak. Ini berarti bahwa
hasil belajar pangkat rasional siswa yang mendapat peta konsep dan
umpan balik lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mendapat peta
konsep tanpa umpan balik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar