ABSTRAK
Penelitian yang berjudul “Kemampuan Mengembangkan
Karangan Narasi Berdasarkan Teks Wawancara oleh Siswa Kelas I SMPN 1
Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya”. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis,
terutama mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kuantitatif Teknik penelitian ini dilakukan dengan memberikan tugas
mengarang narasi berdasarkan teks wawancara kepada siswa. Instrumen yang
digunakan adalah petunjuk dan batasan mengarang narasi. Objek
penelitian ini adalah karangan siswa yang dinilai dari aspek substansi
dan aspek kebahasaan. Aspek substansi terdiri atas kemampuan menyusun
kronologis dan kemampuan menyesuaikan isi narasi dengan teks wawancara.
Aspek kebahasaan meliputi kemampuan menggunakan ejaan, diksi, kalimat
efektif, dan paragraf. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas I
SMPN 1 Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya sebanyak 48 orang dari
jumlah siswa kelas I sebanyak 190 orang. Hasil penelitian ini
membuktikan bahwa kemampuan mereka dalam mengembangkan karangan tersebut
masih kurang. Dilihat dari segi persentase, siswa memperoleh nilai pada
kategori sangat baik tidak ada, kategori baik 6 orang atau 12,5%,
kategori cukup 10 orang atau 20,8%, kategori kurang 7 orang atau 14,5%
dan sisanya 25 orang atau 52,0% sangat kurang. Adapun skor rata-rata
yang diperoleh mereka adalah 45,39 dan dibulatkan menjadi 45. Dengan
demikian kemampuan mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks
wawancara oleh siswa kelas I SMPN 1 Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan
Raya tergolong kurang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar