BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Matematika merupakan salah
satu ilmu dasar yang mempunyai peranan yang cukup besar baik dalam
kehidupan sehari-hari maupun dalam pengembangan ilmu dan teknologi
(Akib, 2001:143). Menurut Soedjadi (Akib, 2001: 143) dewasa ini
matematika sering dipandang sebagai bahasa ilmu,
alat komunikasi antara ilmu dan ilmuwan serta merupakan alat analisis.
Dengan demikian matematika menempatkan diri sebagai sarana strategis
dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan intelektual.
Pendidikan
matematika pada jenjang pendidikan dasar mempunyai peranan yang sangat
penting sebab jenjang ini merupakan pondasi yang sangat menentukan dalam
membentuk sikap, kecerdasan, dan kepribadian anak. Karena itu Mendikbud
Wardiman Djojonegoro dalam sambutannya pada konferensi Matematika Asia
Tenggara IV, mengemukakan bahwa pelajaran matematika yang diberikan
terutama pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dimaksudkan agar
pada akhir setiap tahap pendidikan, peserta didik memiliki kemampuan
tertentu bagi kehidupan selanjutnya. Namun kenyataan menunjukkan
banyaknya keluhan dari murid tentang pelajaran matematika yang sulit,
tidak menarik, dan membosankan. Keluhan ini secara langsung maupun tidak
langsung akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika
pada setiap jenjang pendidikan.
Meskipun upaya untuk mengatasi hasil
belajar matematika yang rendah telah dilakukan oleh pemerintah. Seperti
penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku paket, peningkatan pengetahuan
guru-guru melalui penataran, serta melakukan berbagai penelitian
terhadap faktor-faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar
matematika. Namun kenyataan menunjukkan bahwa hasil belajar matematika
masih jauh dari yang diharapkan.
Pernyataan di atas didukung oleh
kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika
murid SDN 227 Larompong masih rendah jika dibanding dengan mata
pelajaran lain. Hal ini antara lain dapat dilihat pada data perolehan
nilai Ujian Akhir Sekolah (UAS) murid SDN 227 Larompong Tahun Pelajaran
2001/2002 seperti yang disajikan dalam tabel berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar