ABSTRAK
Berawal dari prestasi, aktivitas, dan minat belajar
siswa yang secara umum rendah terhadap pelajaran Matematika, yang
disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya ialah : gaya mengajar guru
yang kurang bervariatif, guru lebih dominan dalam proses pembelajaran,
kurangnya media pembelajaran, serta lingkungan belajar yang kurang kondusip.
Dituntut adanya upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Melihat
fenomena seperti ini maka dilakukan upaya peningkatan prestasi,
aktivitas, dan minat belajar siswa melalui penerapan pembelajaran
kontekstual, dengan menghubungkan materi pada kehidupan sehari-hari dan
lebih menekankan pada pemberdayaan siswa. Selain itu pembelajaran
kontekstual juga memungkinkan para siswa untuk memperkuat, mengembangkan
dan menerapkan pengetahuan serta keterampilan mereka di lingkungan
sekolah maupun diluar sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan prestasi, aktifitas dan minat belajar siswa kelas X MA
Miftahul Ishlah Tembelok pada pokok bahasan ruang dimensi tiga melalui
pendekatan kontekstual. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas X MA
Miftahul Ishlah Tembelok Tahun Pelajaran 2005/2006 dengan jumlah 22
orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari perencanaan, pelaksanana tindakan, observasi, evaluasi dan
refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam III siklus.
Data prestasi
belajar siswa dikumpulkan dengan mengunakan tes, sedang data aktifitas
siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, dan data mengenai
minat siswa diperoleh dari sebaran angket yang diberikan kepada siswa
sebelum dan sesudah diberikan pemebelajaran matematika melalui
pendekatan kontekstual.
Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan pada prestasi, aktivitas dan minat belajar siswa dalam
mengikuti pembelajaran matematika pada pokok bahasan ruang dimensi tiga
melalui pendekatan kontekstual. Pada siklus I diperoleh nilai rata kelas
72,2 dengan ketuntasan belajar sebesar 81,82 %, serta aktivitas siswa
sebesar 60,91 % dan tergolong cukup aktif. Pada siklus II perolehan
nilai rata-rata kelas sebesar 76,9 dengan ketuntasan belajar sebesar
90,91 %, serta aktivitas siswa sebesar 63,51% dan dikategorikan aktif.
Pada siklus III perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 77,5 dengan
ketuntasan belajar sebesar 100%, serta aktivitas siswa sebesar 64,29%
dan tergolong aktif, serta adanya peningkatan minat siswa terhadap
pelajaran Matematika. Jadi dari siklus ke siklus pembelajaran mengalami
peningkatan sesuai dengan target pencapaian kurikulum yaitu ketuntasan
minimal 85 % dan minimal mendapatkan nilai 65. Dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan
prestasi, aktivitas dan minat belajar siswa terhadap bidang studi
Matematika pada pokok bahasan ruang dimensi tiga kelas X MA Miftahul
Ishlah Tahun Pelajaran 2005/2006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar