ABSTRAK
Kinerja PT PLN (Persero) APJ Surakarta Dalam Menanggapi
Keluhan Pelanggan Perusahaan Listrik Negara (disingkat PLN) adalah
sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di
Indonesia, dengan kata lain PLN memonopoli indutri listrik di Indonesia.
Sebagaimana BUMN lainnya PLN juga dibolehkan bahkan diharuskan untuk
mencari keuntungan. Meskipun tetap menjalankan fungsi sosial utamanya
sebagai Public Services Obligation (PSO) dalam bidang ketenagalistrikan.
Merujuk pada UU Ketenagalistrikan No. 20 Tahun 2002, pemerintah
mewajibkan PLN untuk meningkatkan pelayanan sebagai imbangan terhadap
goodwill pelanggan yang membayar lebih mahal. Namun, pada kenyataannya
masih ada pula pelanggan PLN yang belum puas terhadap pelayanan yang
diberikan pihak PLN, khususnya di PT PLN (Persero) APJ Surakarta.
Tujuan
penelitian dari skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana
kinerja PLN APJ Surakarta dalam menanggapi keluhan para pelanggannya.
Ruang lingkup penelitian ini adalah di PT PLN (Persero) APJ Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data berasal
dari narasumber, pengamatan, dan dokumen. Tehnik pengumpulan data
melalui proses waawancara, observasi dan telaah dokumen. Penelitian
menggunakan purposive sampling dan analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis model intreraktif, sedangkan validitas data menggunakan
tehnik Trianggulasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan,
Peneliti menemukan 7 kategori keluhan dan telah mengidentifikasikan
tiap-tiap masalah. Dari proses identifikasi tersebut ditemukan bahwa
yang menyebabkan terjadinya keluhan pelanggan adalah adanya miss
komunikasi antara pelanggan dan pihak PLN. Berdasarkan hal tersebut
kinerja PT PLN dalam menanggapi keluhan pelanggan adalah sudah baik dan
semakin meningkat. Hal tersebut diwujudkan dengan upaya mereka untuk
selalu meningkatkan kinerjanya agar mengurangi keluhan pelanggan.
Rekomendasi yang sesuai terhadap penelitian ini adalah berupa
sosialisasi dan peningkatan layanan 24 jam PLN.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar