ASBSTRAK
Kualitas Pelayanan Puskesmas Karangdowo Kabupaten Klaten
kepada Pasien Jamkesmas”,Skripsi, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret,
Pelayanan
kesehatan bagi masyarakat miskin adalah masalah yang komplek dan begitu
pentingnya kesehatan bagi manusia, sehingga semua manusia berhak
mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Puskesmas merupakan pihak
terdepan dalam pelayanan kesehatan, oleh sebab itu keberadaan Puskesmas
sangatlah penting, selain itu Puskesmas adalah suatu kesatuan organisasi
kesehatan fungsional yang merupakan tempat pengembangan kesehatan
masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan
pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat diwilayah
kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok, dan untuk mengetahui kualitas
pelayanan Puskesmas di Kecamatan Karangdowo kepada pasien JAMKESMAS.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan
Puskesmas Karangdowo Kabupaten Klaten kepada pasien Jamkesmas.
Penelitian ini bersifat diskriptif kualitatif yang dilakukan di
Puskesmas Karangdowo Kabupaten Klaten. Teknik pengumpulan data dilakukan
melauli wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis data deskriptif
Hasil yang
dilakukan penulis dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan yang
diberikan Puskesmas Karangdowo Kabupaten Klaten kepada pasien Jamkesmas
sesuai dengan harapan pasien dan kepuasan pasien Jamkesmas. Dimensi yang
menjadi pengukur kualitas pelayanan Puskesmas Karangdowo adalah:
1) Kompetensi Teknik,
2)akses atau keterjangkauan,
3)Efektifitas,
4) Efisiensi,
5) Kesinambungan layanan,
6)Keamanan,
7) Kenyamanan,
8) Informasi,
9) Ketepatan waktu,
10) Hubungan antar manusia.
Dalam
hal ini Puskesmas telah menunjukkan adanya pelayanan yang baik dengan
memberikan pelayanan yang memenuhi harapan dan kepuasan pasien
Jamkesmas, tempat yang mudah diakses dan memberikan keringanan
pendanaan, efektifitas dan efisiensi dalam melayani pasien berobat,
penanganan yang berkelanjutan kepada pasien, keamanan dalam pengobatan
dan tempat pelayanan, tempat dan petugas yang dapat memberikan
kenyamanan berobat, kejelasan dan kemudahan mendapat informasi atau
mencari informasi yang dibutuhkan pasien jamkesmas, pelayanan yang tepat
dan dsiplin sesuai jadwal pelayanan yang ada, menjaga hubungan baik
dengan pasien dan instansi-instansi yang terlibat dalam pelayanan pasien
Jamkesmas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar