ABSTRAK
Kinerja Pelayanan Pengujian
Kendaraan Bermotor Jenis Angkutan Barang di Dinas Perhubungan Kota
Surakarta. Skripsi. Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan
Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta,2010.
Dinas
Perhubungan merupakan suatu organisasi yang berfungsi untuk
menyelenggarkan pelayanan publik di bidang lalu lintas angkutan jalan.
Salah satu program Dinas Perhubungan yaitu pengaturan angkutan barang
melalui pengujian kendaraan bermotor. Tujuan penelitian yaitu terdiri
dari : Tujuan operasional yaitu untuk mengetahui dan mendapatkan
gambaran mengenai kinerja pelayanan berdasarkan indikator pelayanan
pengujian kendaraan bermotor antara lain prosedur pelayanan, waktu
pelayanan, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana pelayanan dan
kompetensi petugas di Dinas Perhubungan Kota Surakarta. Serta tujuan
fungsional yaitu penelitian ini diharapkan menjadi input yang berguna
bagi peningkatan pelayanan pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan
barang di Kantor Dinas Perhubungan Kota Surakarta.
Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan maksud untuk
memperoleh gambaran yang jelas mengenai kinerja pelayanan pengujian
kendaraan bermotor jenis angkutan barang Dinas Perhubungan Kota
Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling yaitu mengambil sampel orang yang benar-benar
mengerti tentang permasalahan. Teknik analisis data yang digunakan
adalah model interaktif dan untuk menjamin validitas data digunakan tiga
komponen data yaitu data reduksi, sajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan
pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan barang Dinas Perhubungan
Kota Surakarta termasuk dalam kategori baik, hal ini ditunjukkan oleh
beberapa hal sebagai berikut :
(1) Prosedur pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan kota Surakarta sudah berjalan baik.
(2) Waktu penyelesaian petugas dalam hal ketepatan pekerjaan sudah dilakukan dengan cepat dan sesuai standar.
(3) Biaya pelayanan sudah sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan.
(4) Jenis pelayanan pengujian kendaraan bermotor yang ada sudah cukup baik.
(5) Sarana dan Prasarana yang disediakan sudah cukup baik dalam menunjang kinerja pelayanan.
(6)
kompetensi petugas di Kantor Dinas Perhubungan Kota Surakarta bagian
pengujian kendaraan bermotor dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan
sikap kerja cukup baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar