Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Selasa, 24 April 2012

Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Jenis Angkutan Barang Di Dinas Perhubungan Kota Surakarta

ABSTRAK

Kinerja Pelayanan Pengujian
Kendaraan Bermotor Jenis Angkutan Barang di Dinas Perhubungan Kota
Surakarta. Skripsi. Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan
Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta,2010.

Dinas Perhubungan merupakan suatu organisasi yang berfungsi untuk menyelenggarkan pelayanan publik di bidang lalu lintas angkutan jalan. Salah satu program Dinas Perhubungan yaitu pengaturan angkutan barang melalui pengujian kendaraan bermotor. Tujuan penelitian yaitu terdiri dari : Tujuan operasional yaitu untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran mengenai kinerja pelayanan berdasarkan indikator pelayanan pengujian kendaraan bermotor antara lain prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana pelayanan dan kompetensi petugas di Dinas Perhubungan Kota Surakarta. Serta tujuan fungsional yaitu penelitian ini diharapkan menjadi input yang berguna bagi peningkatan pelayanan pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan barang di Kantor Dinas Perhubungan Kota Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan maksud untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai kinerja pelayanan pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan barang Dinas Perhubungan Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu mengambil sampel orang yang benar-benar mengerti tentang permasalahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dan untuk menjamin validitas data digunakan tiga komponen data yaitu data reduksi, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan barang Dinas Perhubungan Kota Surakarta termasuk dalam kategori baik, hal ini ditunjukkan oleh beberapa hal sebagai berikut :
(1) Prosedur pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan kota Surakarta sudah berjalan baik.
(2) Waktu penyelesaian petugas dalam hal ketepatan pekerjaan sudah dilakukan dengan cepat dan sesuai standar.
(3) Biaya pelayanan sudah sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan.
(4) Jenis pelayanan pengujian kendaraan bermotor yang ada sudah cukup baik.
(5) Sarana dan Prasarana yang disediakan sudah cukup baik dalam menunjang kinerja pelayanan.
(6) kompetensi petugas di Kantor Dinas Perhubungan Kota Surakarta bagian pengujian kendaraan bermotor dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja cukup baik.

File Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar