Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Selasa, 24 April 2012

Manajemen Kualitas Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Slamet Riyadi Surakarta

ABSTRAK

“Manajemen Kualitas Kesehatan di Rumah Sakit Slamet Riyadi Surakarta”. SKRIPSI 145 halaman. Jurusan Ilmu Administrasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2010.

Rumah sakit adalah lembaga pelayanan publik yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan dituntut untuk menyediakan layanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat mengingat kebutuhan kesehatan penting bagi setiap manusia. Oleh karena itu sebagai institusi pelayanan, rumah sakit dituntut untuk mengelola kualitas pelayanannya secara terus-menerus dan berkesinambungan dalam berbagai bidang pelayanan yang diberikan. Penelitian ini di lakukan pada Rumah Sakit Slamet Riyadi yang bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kualitas layanan kesehatan.

Dalam menilai manajemen kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Slamet Riyadi adalah mengacu pada teori segitiga pelayanan. Komponen segitiga pelayanan meliputi : strategi pelayanan, sumber daya pemberi pelayanan dan sistem pelayanan. Hal ini penting untuk diketahui mengingat dalam isu peningkatan kualitas pelayanan diperlukan upaya untuk mengelola (memanajemen) komponen-komponen pelayanan agar pelayanan yang diberikan dapat lebih baik atau lebih berkualitas.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara yaitu teknik yang digunakan penulis untuk mendapatkan keterangan-keterangan lisan melalui komunikasi langsung dengan pegawai serta dengan masyarakat pengguna jasa kesehatan Rumah Sakit Slamet Riyadi. Selain wawancara penulis juga menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan telaah dokumen. Observasi yang dilakukan adalah dengan melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang sedang diteliti. Dan untuk telaah dokumen yaitu dilakukan dengan membaca dokumen-dokumen yang berhubungan dengan materi penulisan skripsi. Teknik analisis data interaktif yaitu mereduksi data yang telah berhasil terkumpul untuk kemudian ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Slamet Riyadi menunjukkan manajemen dari ketiga indikator yang digunakan untuk mengelola kualitas pelayanan kesehatan mampu dimaksimalkan. Untuk strategi langsung tertuang dalam program kerja yang merupakan kegiatan terpadu dan terencana yang berusaha mengelola sumber daya organisasi sebagai suatu sistem yang sesuai dengan tujuan dan sasarannya. Penilaian terhadap sumber daya manusia yang dilakukan oleh masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan Rumah Sakit Slamet Riyadi dinilai baik walaupun ada keterbatasan dalam pelaksanaannya. Dan penilaian terhadap sistem pelayanan yang diterapkan oleh Rumah Sakit Slamet Riyadi dalam pelayanan kesehatan telah mencerminkan prinsip kejelasan dan kesederhanaan (mudah dipahami dan dilaksanakan) sehingga masyarakat nyaman dengan sistem pelayanan yang ada.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Slamet Riyadi sudah dengan baik. Hal ini ditandai dengan tercapainya hasil sesuai dengan tujuan yaitu peningkatan kualitas dan kepuasan pelanggan

File Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar