ABSTRAK
“Manajemen Kualitas Kesehatan di Rumah Sakit Slamet
Riyadi Surakarta”. SKRIPSI 145 halaman. Jurusan Ilmu Administrasi.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret.
Surakarta. 2010.
Rumah sakit adalah lembaga pelayanan publik yang
bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan dituntut untuk menyediakan
layanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat mengingat
kebutuhan kesehatan penting bagi setiap manusia. Oleh karena itu sebagai
institusi pelayanan, rumah sakit dituntut untuk mengelola kualitas
pelayanannya secara terus-menerus dan berkesinambungan dalam berbagai
bidang pelayanan yang diberikan. Penelitian ini di lakukan pada Rumah
Sakit Slamet Riyadi yang bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kualitas
layanan kesehatan.
Dalam menilai manajemen kualitas pelayanan
kesehatan Rumah Sakit Slamet Riyadi adalah mengacu pada teori segitiga
pelayanan. Komponen segitiga pelayanan meliputi : strategi pelayanan,
sumber daya pemberi pelayanan dan sistem pelayanan. Hal ini penting
untuk diketahui mengingat dalam isu peningkatan kualitas pelayanan
diperlukan upaya untuk mengelola (memanajemen) komponen-komponen
pelayanan agar pelayanan yang diberikan dapat lebih baik atau lebih
berkualitas.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara
yaitu teknik yang digunakan penulis untuk mendapatkan
keterangan-keterangan lisan melalui komunikasi langsung dengan pegawai
serta dengan masyarakat pengguna jasa kesehatan Rumah Sakit Slamet
Riyadi. Selain wawancara penulis juga menggunakan teknik pengumpulan
data observasi dan telaah dokumen. Observasi yang dilakukan adalah
dengan melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang sedang
diteliti. Dan untuk telaah dokumen yaitu dilakukan dengan membaca
dokumen-dokumen yang berhubungan dengan materi penulisan skripsi. Teknik
analisis data interaktif yaitu mereduksi data yang telah berhasil
terkumpul untuk kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian
yang dilakukan di Rumah Sakit Slamet Riyadi menunjukkan manajemen dari
ketiga indikator yang digunakan untuk mengelola kualitas pelayanan
kesehatan mampu dimaksimalkan. Untuk strategi langsung tertuang dalam
program kerja yang merupakan kegiatan terpadu dan terencana yang
berusaha mengelola sumber daya organisasi sebagai suatu sistem yang
sesuai dengan tujuan dan sasarannya. Penilaian terhadap sumber daya
manusia yang dilakukan oleh masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang
diberikan Rumah Sakit Slamet Riyadi dinilai baik walaupun ada
keterbatasan dalam pelaksanaannya. Dan penilaian terhadap sistem
pelayanan yang diterapkan oleh Rumah Sakit Slamet Riyadi dalam pelayanan
kesehatan telah mencerminkan prinsip kejelasan dan kesederhanaan (mudah
dipahami dan dilaksanakan) sehingga masyarakat nyaman dengan sistem
pelayanan yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa manajemen kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit
Slamet Riyadi sudah dengan baik. Hal ini ditandai dengan tercapainya
hasil sesuai dengan tujuan yaitu peningkatan kualitas dan kepuasan
pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar