Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Selasa, 24 April 2012

Kinerja PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali

ABSTRAK

Kinerja PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali, Skripsi, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Bank Perkreditan Rakyat adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Untuk menciptakan suatu produk jasa yang optimal, Bank Perkreditan Rakyat perlu senantiasa memperhatikan dan meningkatkan kualitas pelayanan. PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali juga berusaha untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Dalam memberikan pelayanannya, PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali juga didukung oleh kinerja yang baik. Pelayanan yang diberikan oleh PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali adalah dalam bentuk kredit, tabungan dan deposito. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali dalam memberikan pelayanan yaitu tabungan, deposito dan kredit. Kinerja PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali dapat dilihat dari indikator pengukuran kinerja Organisasi Publik yaitu Produktivitas, Kualitas Pelayanan, Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang menggambarkan realitas yang cermat terhadap fenomena yang terjadi yang digunakan untuk memecahkan masalah berdasarkan fakta-fakta yang nampak. Sumber datanya meliputi dari proses wawancara dengan sumber data atau informan dan berasal dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Metode penarikan sampel yang digunakan bersifat purposive sampling yaitu dengan memilih informan yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data. Digunakan juga teknik snowball sampling dimana pemilihan informasi pada waktu di lokasi penelitian berdasarkan petunjuk dari informan sebelumnya. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data adalah dengan teknik trianggulasi data yaitu menguji data yang sejenis dari berbagai sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan Teknik Analisis Interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali menunjukkan hasil yang cukup maksimal. Produktivitas PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali dapat dikatakan baik, dilihat dari produk pelayanan, kenaikan jumlah nasabah dan pencapaian target pendapatan sesuai dengan rencana kerja. Kualitas pelayanan dapat dikatakan sudah tercapai secara maksimal. Dilihat dari kelengkapan sarana dan prasarana, kemampuan pegawai, proses pengembalian uang atau tabungan dan menerapkan system One Day Service. Responsivitasnya belum maksimal dan masih perlu ditingkatkan. Sudah ada respon yang positif terhadap keluhan dan pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat terkait pelayanan. Responsibilitas PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali dikatakan sudah bagus karena prosedur pelayanan tertuang dalam SOP (Standart Operation Prosedure). Akuntabilitas atau pertanggungjawaban PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali berupa Laporan keuangan Laba Rugi. Pertanggungjawaban PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali sudah maksimal, ditunjukkan dari neraca dan laporan laba rugi tahun 2007-2008 sudah menghasilkan laba bahkan menalami kenaikan.

File Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar