ABSTRAK
Kinerja PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali, Skripsi,
Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,
Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Bank Perkreditan Rakyat
adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan
atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan
jasa dalam lalu lintas pembayaran. Untuk menciptakan suatu produk jasa
yang optimal, Bank Perkreditan Rakyat perlu senantiasa memperhatikan dan
meningkatkan kualitas pelayanan. PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali
juga berusaha untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada
masyarakat. Dalam memberikan pelayanannya, PD BPR Bank Pasar Kabupaten
Boyolali juga didukung oleh kinerja yang baik. Pelayanan yang diberikan
oleh PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali adalah dalam bentuk kredit,
tabungan dan deposito. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana kinerja PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali dalam
memberikan pelayanan yaitu tabungan, deposito dan kredit. Kinerja PD BPR
Bank Pasar Kabupaten Boyolali dapat dilihat dari indikator pengukuran
kinerja Organisasi Publik yaitu Produktivitas, Kualitas Pelayanan,
Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas. Penelitian ini
bersifat deskriptif kualitatif yang menggambarkan realitas yang cermat
terhadap fenomena yang terjadi yang digunakan untuk memecahkan masalah
berdasarkan fakta-fakta yang nampak. Sumber datanya meliputi dari proses
wawancara dengan sumber data atau informan dan berasal dari
dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Metode penarikan
sampel yang digunakan bersifat purposive sampling yaitu dengan memilih
informan yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber
data. Digunakan juga teknik snowball sampling dimana pemilihan informasi
pada waktu di lokasi penelitian berdasarkan petunjuk dari informan
sebelumnya. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data adalah dengan teknik
trianggulasi data yaitu menguji data yang sejenis dari berbagai sumber.
Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan Teknik Analisis
Interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PD BPR
Bank Pasar Kabupaten Boyolali menunjukkan hasil yang cukup maksimal.
Produktivitas PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali dapat dikatakan baik,
dilihat dari produk pelayanan, kenaikan jumlah nasabah dan pencapaian
target pendapatan sesuai dengan rencana kerja. Kualitas pelayanan dapat
dikatakan sudah tercapai secara maksimal. Dilihat dari kelengkapan
sarana dan prasarana, kemampuan pegawai, proses pengembalian uang atau
tabungan dan menerapkan system One Day Service. Responsivitasnya belum
maksimal dan masih perlu ditingkatkan. Sudah ada respon yang positif
terhadap keluhan dan pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat terkait
pelayanan. Responsibilitas PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali
dikatakan sudah bagus karena prosedur pelayanan tertuang dalam SOP
(Standart Operation Prosedure). Akuntabilitas atau pertanggungjawaban PD
BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali berupa Laporan keuangan Laba Rugi.
Pertanggungjawaban PD BPR Bank Pasar Kabupaten Boyolali sudah maksimal,
ditunjukkan dari neraca dan laporan laba rugi tahun 2007-2008 sudah
menghasilkan laba bahkan menalami kenaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar