BAB I
PENDAHULUAN
A. latar Belakang Permasalahan
pendidikan
memegang peranan kunci dalam perkembangan sumber daya manusia dan insan
yang berkualitas. secara kuantitas, perkembangan ilmu di Indonesia
cukup menggembirakan, namun secara kualitas, perkembangan ilmu
pengetahuan belum merata. hal ini ditandai dengan adanya pengendalian
mutu atau memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan.
perkembangan
global saat ini menuntut dunia pendidikan untuk selalu merubah konsep
berpikirnya. Konsep lama mungkin tidak sesuai dengan perkembangan ini,
apalagi untuk yang akan datang. untuk itulah perubahan selalu dilakukan
sesuai dengan perkembangan zaman.
sampai sekarang pendidikan
masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat
fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru ataupun
dosen sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan
utama strategi belajar. untuk itu diperlukan sebuah strategi belajar
baru yang lebih memberdayakan siswa ataupun mahasiswa yang tidak
mengharuskan siswa ataupun mahasiswa menghafal fakta-fakta, tetapi
sebuah strategi yang mendorong mahasiswa mengkontruksikan di benak
mereka sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar